MySQL Paul Dubois

Catatan buku lagi, kali ini MySQL karangan Paul DuBois, dengan kata pengantar dari Michael Widenius, si biangnya MySQL. Buku ini sebetulnya udah lama, dan alasan buku ini dibeli, karena disarankan di website MySQL. Kalau dilihat isinya sih, memang padat. Cuman rata-rata nggak jauh beda dengan Dokumentasi MySQL. Yang menarik di bab pertama, langsung dikasih contoh query-query sederhana, hingga yang agak kompleks seperti joining table. Perasaan, selesai baca bab pertama, sudah mulai familiar dengan sintaks-sintaks SQL. Bab-bab lainnya menceritakan tentang API ke beberapa bahasa pemrograman seperti C, Perl, dan PHP. Terakhir tentang administrasi, dan perawatan.

Beberapa yang kurang dari buku ini, pertama tentang penjelasan konsep Database, hanya dijelaskan tentang terminologinya, itu pun kurang lengkap. Foreign key, normalisasi hanya kulitnya yang disentuh. Kedua, polemik tentang MySQL juga tidak dibahas. Padahal panjang tuh kalau di cari di Internet, terutama dalam kompor-komporan dengan PostgresQL. Lalu yang terakhir, tentang optimasi hingga ke OS level. Sebetulnya ini yang dicari, seperti patching kernel, atau menambah maksimal proses yang dijalankan oleh MySQL.

Tapi secara keseluruhan, lumayan dah buat referensi. Berkali-kali juga dibuka kok, kalau ada kesulitan, terutama tentang sintaks-sintaks dan referensi tipe kolom/tabel. Kalau nggak sabar baca manual MySQL, buku ini patut dimiliki. Lanjut lagi lain kali, beli makanan buat sahur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *