Capitalism & Microsoft Secret

June 29, 2002

Bekel buat malem mingguan, mampir ke library. Setelah bagian komputer diacak-acak, dan nggak ada yang menarik lagi..pindah ke bagian popular science.. udah baca beberapa tapi gampang jenuh..pindah lagi ke bagian politik hehehe..mumpung literatur banyak..baca sepuasnya..lagian bentar lagi pulkam

Di bagian politik dan ekonomi dapat dua buku bagus.. sebetulnya ada tiga sih..cuman kebanyakan bisa eneq, soalnya tuwebel2 bukunya. Buku satu, karangan george soros, open society, reforming global capitalism. Yahudi atu ni emang luar biasa kalo masalah keuangan. Mahathir sempet nuduh si Soros ini biang keladi krisis moneter di asia tenggara. Gue pinjem ini buku cuman pengen tahu aja jalan pikirannya. Dari baca rangkumannya, dan juga judulnya, kayaknya soros nuangin konsepnya tentang masyarakat di masa depan, dan juga kritisi terhadap kapitalisme.

Buku ke dua Microsoft Secret. Tahun kemaren pernah baca buku berbahasa Indonesia tentang Microsoft, lupa judulnya tapi, yang ngebahas tentang lingkup perusahaan microsoft. Dan ternyata juauh lebih besar dari yg gue bayangin. Gak cuma software, game, media, peripheral, travel agent, portal dll. Banyak dah. Cendana juga kalah ehhee..Nah buku ini merupakan hasil riset dari MIT sebagai studi banding terhadap manajemen perusahaan komputer. Buku lama tahun 1995, tapi rahasia dapur microsoft selalu kontekstual. Mayan buat bekel karena saat ini gue memposisikan diri sebagai oposan mereka. Duile banget yee..hehehe..

TCP Setengah Koneksi

June 17, 2002

Baru tahu ternyata TCP bisa diakalin supaya tidak menjalani proses handshake sebelum pengiriman data. Meskipun handshake ini menjamin reliabilitas, namun jika menginginkan throughput yang bagus, ada kalanya cukup kirim saja sekali tembak.

Biasanya untuk pengiriman paket yang connectionless, dalam arti tidak perlu konfirmasi bahwa paket telah diterima, digunakan UDP, yang reliabilitasnya cukup mengandalkan checksum. Namun TCP juga bisa diakalin, dengan memanfaatkan header SYN,ACK dan FIN yang ditempatkan terpisah. Dinamakan Transport TCP(T/TCP). Cuma kabarnya kernel linux lom dukung untuk ini. Jadi, jika biasanya satu FLAG saja yang diset TRUE dalam satu header TCP, maka pada T/TCP ini dua flag di set TRUE, yakni SYN (untuk sinkronisasi dengan alamat tujuan) dan FIN (Untuk menutup koneksi). Emmm.. cuman masih dikepala aja..lom dicoba nih.. pengen nyobain ah..;

Buku Megelin

June 15, 2002

barusan dapet buku menarik, yang satu .net framework, terbitan o\’reilly. Atunya lagi the nothing that is, a nature history of zero. Gilee..judulnya bikin gue ngiler..hehehe..nanti diceritain

maap pemirsa, halaman baru bisa keupdate karena overload. Beberapa proyek baru (jangan sala, gak ada duitnye hehehe..) bernongolan, memaksa untuk lebih pinter membuat to do list, menskala prioritas, dan manfaatin orang untuk menyelesaikannya. Katanya, itu yang dinamakan manajemen. teuing.

Beberapa buku yang aku kelarin selama jeda waktu tulisan ini adalah tentang Java 2, segala macem perniknya ada beberapa buku terbitan o\’reilly juga. Selain itu XML primer, belajar DTD, dan RDF. Powerful juga yee..hehehe.. Mumpung masih ada ditempat dimana literatur bisa didapet dengan mudah, aku perbanyak baca dulu biar penuh palanya hihi… Sehingga kalo mulai apa yang harus dimulai, sudah cukup bekel. Sok iye hehe dah ahh.. mo balik dah pegel pantat.