Resep Rahasia

Saat Poo membuka gulungan naga yang berisi rahasia kungfu yang paling hebat, pegangan para prajurit naga, Poo hanya melongo. Nggak ada apa-apa di situ. Belakangan ia ketahui dari ayahnya, tentang rahasia membuat mi yang enak dan sukses. “There is no secret recipe. You have to believe.” Poo akhirnya tahu rahasia kungfu pegangan para prajurit naga. Itu sekelumit ‘kungfu panda‘ yang saya tangkap. Kalimatnya sendiri paradoks. Sebab menurut frasa tersebut, dapat dikatakan belief is the secret recipe. Memang mungkin artikulasi pasnya nggak seperti itu. Nggak penting lah yang penting tentang belief tadi.

Artinya, memang tidak ada rahasia ‘peluru perak’ tentang kunci keberhasilan. Tidak ada manual booknya. To do list yang harus dilakuan. Semuanya normatif. Kerja keras, pantang menyerah, moderat (modal dengkul dan urat), tahan banting, amanah, bersikap baik. Kita paham, jika kita melakukan hal-hal normatif itu, hukum alam akan bekerja. Aku tidak akan mengurangi sedikitpun, segala apa yang mereka upayakan di muka bumi. Begitu kira-kira Tuhan mengingatkan.

Tapi untuk melakukan hal-hal normatif itu ada  satu pemicu yang utama. Ialah mindset. Belief. Lalu bagaimana mencetak mindset? Tidak ada rumus. Hanya percaya terhadap sesuatu, dan berpegang teguh terhadapnya. Cuma hati-hati, kepercayaan yang salah bukan hanya keliru, tapi berbahaya ™. Tentang hasil? Hasil tidak penting.

Apa inti dari posting ini? Tidak perlu mengubah dunia. Dunia sudah berputar menurut hukumnya sendiri. Justru lebih penting mengubah diri sendiri. Mengganti kacamata penyirat gambar dunia. Kitu? Meureun. Maafkan saya jika menggurui. Kapok. Kalau mau berguru, yakinlah apa yang dikatakan Steve Jobs. 🙂

2 thoughts on “Resep Rahasia”

  1. 🙂

    saya nonton juga film itu pak …
    saya jadi teringat resep sate saya .. 🙂

    yang pada saya, resepnya adalah cinta,
    harus ada cinta saat kita meracik sate
    agar rasanya enak …

    tapi terakhir, rupanya cinta saja tidak cukup

    kudu pake urat lebih banyak … 🙂
    (kerja keras)

    apa kabar Pak?

    Alhamdulillah baik… untuk proses produksi sate.. saya sarankan pake resep BOTOL alias berani optimis pakai tenaga orang lain..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *