Presentasi Lima Menit

Konon, Steve Jobs adalah presenter terbaik. Pernah dalam satu kisah, dalam bukunya Perfect Pitch, John Steel pernah bercerita tentang pertemuan lima menitnya bersama almarhum bos Apple tersebut. Setelah menunggu di ruang rapat selama dua jam, Steve Jobs akhirnya muncul dengan stelan khasnya dan mulai bicara.

“Baiklah,” ujar Jobs. “Perusahaan ini benar-benar sedang bermasalah. Tapi, saya percaya bahwa jika kami melakukan beberapa hal dengan sangat baik, kami dapat menyelamatkan dan mengembangkannya. Saya undang Anda hari ini karena butuh bantuan Anda.”

Dengan mengoreskan penanya di papan tulis, Jobs menggambar empat belas kotak mewakili empat belas proyek yang sedanng berjalan, semuanya bernilai ratusan juta dolar. Lalu dia mencoret semua kotak, dan menyisakan dua. “Saya mempertaruhkan masa depan perusahaan ini kepada keduanya”, lalu menunjuk kedua kotak yang bertuliskan “G4” dan “iMac”.

Yang dia inginkan, jelas Jobs adalah rencana yang efektif untuk mengucapkan terima kasih kepada pelanggan setia Apple yang tetap bersama mereka saat melewati masa-masa sulit. Dia ingin terhubung kembali dengan mereka. Dari situ ia meminta mereka kirim proposal, dan mempersilakan mereka keluar.

Steel keluar dengan dua pikiran. Jobs adalah orang brengsek, karena membuat mereka menunggu dua jam tanpa minta maaf dan tidak membiarkan mereka bicara. Kedua, Jobs adalah seorang penjual ide yang efisien.

Struktur presentasi Jobs tersebut, menurut Richard Shell dan Mario Moussa dalam bukunya “The Art of Woo” memiliki 4 bagian:

Problem: Apple sedang mengalami masalah keuangan yang berat.

Cause: 14 proyek bernilai jutaan dolar telah menguras keuangan perusahan

Answer: Jobs mempertaruhakn nasib pada G4 dan iMac dan butuh bantuan iklan yang menghubungkan dengan konsumen lama mereka.

Net Benefits: Fokus pada dua prouk telah dipertimbangkan sebagai cara terbaik menyelamatkan perusahaan.

Ke 4 struktur tersebut disingkat PCAN. Jika Anda cuma punya waktu 5 menit untuk mengutarakan ide, berpedoman pada struktur tersebut akan membuat presentasi Anda lebih efisien dan efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *