Memasarkan Produk adalah Membentuk Suku

Presentasi menarik dari Seth Godin, tentang perubahan (shift) dari pemasaran, yang semula mencari pengguna (targeting), kemudian mempengaruhi mereka untuk menggunakan produk kita. Menurut Seth, Internet telah merubah cara bisnis ini, di bidang apapun. Kita tidak lagi memburu pengguna, tapi mengasosiasikan produk kita dengan sekelompok orang (suku/komunitas), dan mendorong mereka untuk tersambung dengan komunitasnya. Pertanyaan yang patut diajukan:

  1. Siapa yang akan saya jangkau?
  2. Apakah mereka akan membicarakan hal yang saya bawa kepada sukunya?
  3. Apakah saya memperoleh ijin untuk terus berbicara dengan mereka?

Video lengkapnya silakan disimak:

Jika kesulitan mendengarkan bicaranya, transkrip ‘Are you Linchpin’ nya juga bisa dibaca di sini (dan bisa menggunakan Google Translate jika masih kesulitan memahami)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *