Demi Waktu

Ketika kamu menyadari waktu detik demi detik, kamu baru akan rasakan beberapa kegiatan memang sungguh makan waktu. Beberapa kegiatan lain membuat kita berpikir, apakah saya benar-benar harus melakukannya? Idealnya, kita melakukan apa yang kita rencanakan. Tapi kenyataannya banyak hal masuk tanpa terduga. Kita harus siap apapun yang menghampiri kita kapanpun. Jadi, penting untuk melakukan apa yang menjadi tugas utamamu sesegera mungkin.

Nasehat dari James Clear tentang tugas jangkar ternyata bermanfaat. Dalam satu hari, kamu harus punya tugas jangkar, yakni tugas utama hari ini. Pagi hari kamu buat 5-10 tugas yang akan kamu selesaikan hari ini. Dari tugas-tugas tersebut, pilih yang paling utama, paling berat atau paling banyak makan waktu. Dan selesaikan awal waktu. Selesaikan secepat mungkin. Maka hal-hal yang menghampirimu berikutnya akan dapat kamu prioritaskan dengan mudah.

Demi berlalunya siang dan malam. Jika kamu berlatih untuk merencanakan apa yang kamu kerjakan di pagi hari setelah subuh, maka kamu akan menjadi tuan dari waktu kamu. Yang hanya punya 24 jam setiap siklusnya. Yang selalu diambil entah kamu gunakan atau tidak. Dan semua orang mulai lagi dengan saldo 0 waktu di keesokan harinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.