Masalah dengan Google Apps (Terutama Email)

February 11, 2009

Lagi pengen ngomong sedikit teknis. Google telah lama menyediakan Google Apps, di mana salah satu fitur favoritnya adalah email (aka Gmail). Intinya kita bisa punya alamat email domain kita sendiri, dan menggunakan enginenya Gmail. Rimbalinux, Ocentrum, dan Indobizweb adalah salah tiga penggunanya yang saya daftarin. Cool apps. Reliabel dan gratis.

Masalahnya adalah jika hosting kita menggunakan postfix dan kita ingin mengirimkan email ke domain yang masih dalam satu hosting. Misalnya saya langganan hosting Indobizweb, lalu  di dalam hostingnya ada domain:

  1. rimbalinux.com
  2. ocentrum.com
  3. dan indobizweb.com.

Misal saya kirim dari asofyan [at] ocentrum.com ke support [at] indobizweb.com, lewat SMTP-nya Ocentrum yang berada di server indobizweb.  Maka postfix pada saat mengirimkan email, dia akan menganggap bahwa indobizweb.com adalah domain local. Sehingga postfix tidak akan mencari ke MX, tapi otomatis akan dikirim ke local mailbox domain indobizweb. Dengan kata lain meskipun kita sudah membuat alamat email via Google Apps, namun karena postfix mengirimnya ke local, maka mailbox kita dianggap tidak ada.

Gimana cara mengatasinya? Ini sedikit teori:

  1. Buat satu account place holder di Gmail (karena filternya cukup mudah dibuat), yang menampung semua email tumpahan. Misal: ocentrum[at]gmail.com
  2. Mailbox yang sudah dibuat di Google Apps, dibuat juga di local mailbox. Misal: support[at]ocentrum.com
  3. Support[at]ocentrum.com di local mailbox ini diforward ke ocentrum[at]gmail.com
  4. Di akun ocentrum[at]gmail.com dibuat satu filter, di mana email yang datang yang ditujukan ke support[at]ocentrum.com akan diforward kembali ke support[at]ocentrum.com (dalam hal ini akan lari ke mailbox yang ada di Google Apps).

Kira-kira begitu. Bingung nggak sih? Abstrak banget ya.. mungkin kalau ada yang berkenan membuatkan diagram akan sangat membantu hehehe.. *taichi*

5 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*