Prasasti Internet Indonesia

24 Desember malem, kerna libur, sambil ngabisin malem, gue browse ke beberapa site menarik. Kali ini pengen banget tahu sejarah-sejarah komunitas TI di Indonesia. Dan tempat yang paling cocok ketemu, di http://rms46.vlsm.org/00-0.html.

Banyak yang menarik, catatan-catatan yang disimpan Pak Ibam. Dan sebagaimana yang gue duga, milis PAU-Mikro dulunya berisi posting-posting yang serius, seperti misalnya pembahasan tentang kurikulum Computer Engineering science yang cukup panjang threadnya di tahun 1994 (http://www.parokinet.org/pau-mikro/1994/thrd3.html – catatan: link ini saya cek di Juli 2022 sudah hilang. Web Parokinet sudah menjadi web judi). Sayang diskusi-diskusi semacam ini jarang ditemui lagi.

Namun diantara posting-posting yang ada, saya menikmati betul posting diskusi antara Andi Tanenbaum dengan Linus tentang microkernel dan monolithic kernel. Thread menarik ini pernah gue baca di buku voice of open source revolution, sebagai lampiran. Membacanya lagi berkali-kali juga enak ajah. (http://www.parokinet.org/pau-mikro/1994/msg00847.html – link ini sudah hilang. Lihat catatan di atas). Buat komunitas Linux, thread ini kayaknya seperti tulisan sejarah yang patut dipahat dalam prasasti 😉 (segitunya..)

Satu tanggapan pada “Prasasti Internet Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *