Berdiri di Atas Kari

konsepsi-konsepsi peradaban ternyata sudah diusung Pak Karno. Barusan dengerin orasi-mp3nya. Tentang Pancasila. Tentang berdikari. Mungkin sekarang sudah usang, atau tetap kontekstual. Entah. Yang pasti, kita harus punya itu agar bisa eksis ditengah desakan eksploitasi kapitalis.

Masyarakat madani? mungkin nanti suatu saat pengen baca itu konsepsi kemasyarakatan. Terus ada yang perlu direbut. Teknologi Informasi. Jepang bisa melakukannya dulu di awal kebangkitan industrinya. Bagaimana Ibuka, salah satu pendiri sony, pergi ke amerika dan pulang dengan membawa dokumen transistor technology dari bell laboratory, yang saat itu berada paling depan. Dikembangkannya sendiri.

Dan sekarang saat gegapnya teknologi informasi dengan tulang punggung Internet, kesempatan terbuka luas. Ada beberapa isu yang mencuat. Digital divide. Literasi. Semua gerak kita harus merendahkan barrier entry, memperkecil digital divide. Duh capek juga ya mikir di dunia awang-awang. Setelah gue baca lagi, tulisan gue bebusa busa hehehe..waktunya ngoprek kembali. Sebentar lagi pulang ke tanah air. Insya Allah siap secara mental untuk menuangkan semuaa isi kepala ke dalam rencana. Dan melaksanakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *