Google, Diktator Internet

Membaca posting ini, adalah sebuah kasus klasik tentang black hat SEO di mana pemilik website mengakali mesin pencari Google untuk mendapat trafik yang besar. Namun hal ini menyadarkan satu hal, bahwa dominasi Google di dunia Internet sudah sangat menggurita. Mungkin saat ini mereka masih memiliki niat baik, namun siapa yang menjamin suatu saat mereka mengubah pikirannya? Dan menjadi satu-satunya penguasa di Internet? Toh mereka sudah punya segalanya, dan bisa mengubah pikirannya kapan saja.

Saya mengandalkan banyak aplikasi di Google dalam beraktivitas. Tidak bisa dipungkiri, produk mereka banyak sekali dan rata-rata bagus. Mereka juga memiliki sistem dan ekosistem di mana ide-ide dapat tumbuh dan memperoleh validasi dari pasar. Namun dengan melihat perkembangannya seperti saat ini, perlu mulai dipertimbangkan untuk pelan-pelan tidak tergantung dengan Google. Adakah yang menyadari hal ini? Banyaklah pastinya. Bahkan karyawan Google sendiri juga menyediakan Data Liberation jika suatu saat kita ingin keluar dari kungkungan mereka.

2 tanggapan pada “Google, Diktator Internet

  • Oktober 27, 2011 pukul 9:10 am
    Permalink

    Google menyediakan layanan untuk mengunduh semua data kita yang tersimpan di Google services. Kalau nggak salah istilahnya data liberation.

    Tapi meskipun kita bisa dapet data kita kembali, itu ga bisa menyembuhkan ketergantungan kita ke layanan mereka 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *