PHP Developer Cookbok

Barusan abis ngelarin baca kilasan-kilasan buku PHP Developer’s CookBook, karangan Sterling Hughes terbitan Sams. Rasmus Lerdorf juga ngasi kata pengantar. Komentar gue, buku itu baguss..guss. Struktur bukunya memang model resep masakan. Dalam mengambil analogi, banyak programmer yang mengandaikan membuat program sama dengan membuat resep masakan. Mulai bahan-bahan yang dibutuhkan (variabel,konstanta, array) hingga pengolahan (fungsi, class) dan akhirnya menjadi resep masakan siap saji, siap untuk digunakan masak.

Kembali ke bukunya, struktur bukunya agak unik, namun praktis. Misalnya sub bab yang agak enteng tentang string, nomor,tanggal, array, regex dan seterusnya. Lalu yang agak menengah tentang class, session,database, interfacing dengan program lain, seperti mengakses Java Method dan class,SNMP, hingga API dari ZEND. Pokoknya padet. Buku ni cocok buat yang udah agak familiar dengan php, atau buat programmer bahasa lain yang mau belajar php. Kalau buat yang baru mulai, mungkin rada puyeng.

Dan sekarang, bukunya ada disamping gue, kalo mau cari trik-trik, langsung dah kesitu. Soalnya banyak fungsi aneh, yang mungkin kelewatan kalau baca manual php. Misalnya membuat fungsi yang fungsinya untuk meng-generate fungsi secara dinamis. nah loh. Atau fungsi yang bisa insialisasi semua fungsi session. Atau diajak jalan jalan pake PEAR (PHP Extension and Application Repository) mirip CPAN di Perl. Yah gitu deh..tiga hari kemaren kemana-mana gue bawa hehe.. Abis ini pengen baca yang agak berat (besi kali), tar diceritain lagi dah..

One thought on “PHP Developer Cookbok”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *