Mengalir

Saat melakukan kegiatan yang kita inginkan, ada beberapa keuntungan. Pertama, kita tidak butuh motivasi. Kita tidak perlu mendorong diri sendiri untuk dapat menyelesaikannya. Semuanya dapat dimulai begitu saja. Dan terasa berakhir dengan cepat, untuk bisa memulai kegiatan yang lainnya lagi. Ini berkaitan erat dengan kebiasan. Saat melakukan satu hal berulang kali setiap hari, apa yang Anda lakukan akan diambil alih oleh pikiran bawah. Pikiran bawah sadar yang menggerakkan otot meskipun tidak didorong. Artinya Anda melakukannya begitu saja tanpa harus mendorong diri sendiri.

Kedua, kita tidak merasa lelah. Jika orang luar melihat, kita seperti orang yang tidak punya pusar. Bergerak kesana kemari tanpa lelah, dan tanpa beban. Mungkin Anda pernah melihat seseorang yang melakukan kegiatan selama puluhan tahun, dari pagi hingga sore hari. Seperti pedagang di Kramatjati yang mulai sejak subuh. Atau asisten rumah tangga yang mulai mengepel sejak kepala keluarga masih tidur nyenyak. Kalau mereka ditanya, apa capek? Tidak. Sudah terbiasa. Mungkin tepatnya karena dia menginginkan apa yang dia lakukan sekarang. Coba kalau pikirannya di tempat lain, mungkin banyak yang tidak selesai. Dan segala hal menjadi beban.

Ketiga, ada lebih banyak kegiatan terselesaikan. Melakukan kegiatan yang kita inginkan, membuat kita selalu mencari kegiatan-kegiatan baru saat satu selesai. Kita tidak berfikir untuk istirahat, atau melakukan buang waktu dengan scroll-scroll di media sosial. Tipsnya, selalu lakukan kegiatan yang berada di dalam lingkungan goldilocks. Kegiatan yang tidak terlalu mudah, dan tidak terlalu sulit. Jika terlalu sulit, pecahlah menjadi kecil-kecil. Memang ada sedikit upaya, tapi layak untuk dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.